Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri 2015
SBMPTN
2015
Teks
berikut di gunakan untuk menjawab soal nomar 61-65
(1) Generasi
hari ini berbeda dengan generasi sebelumnya karena generasi hari ini lahir di tengah
kecanggihan teknologi digital sehingga mereka dimanjakan game online dan media social.(2) sejatinya, smar phone mendukung proses
belajr-mengajar sehingga proses transfer
of knowledge dan pembinaan karakter dan keterampilan berjalan lancer. (3)
namun, kita juga sering menjumpai remaja yang berada dalam sebuah forum tanpa
berkomunikasi satu dengan yang lain, karena asik dengan dunianya sendiri. (4)
meminjam bahasa Don Tapscott (2013), generasi ini adalah generasi acu taka acu.
(5) minat mereka hanya mengenai budaya popular, para pesohor, dan teman-teman
mereka. (6) hal itu menunjukkan bahwa teknologi digital membawa sejumlah dampak
positif dan negative.
(7) menurut felder soloman(1993),
“pembelajar di jaman informasi ini memunyai kecenderungan gaya belajar aktif,sequential, sensing, dan visual.” (8)
focus pembelajaran adalah pembelajaran seumur hidup, buka demi ujian semata.
(9) guru tidak perlu khawatir jika siswa lupa tanggal peristiwa penting dalam
sejarah, karena mereka dapat mencarinya melalui buku dan web. (10) guru perlu
mengajari mereka cara belajar yang baik dan mendorong mereka untuk gemar
membaca dan menulis. (11) jadi, yang terpenting bukan hanya tentang apa tang
diketahui ketika mereka lulus, melainkan juga untuk mencintai pembelajaran
seumur hidup.
(Diadaptasi
dari http://koran.tempo.co/conten)
61. kalimat topic paragraf pertama
adalah….
(A). (1)
(B). (2)
(C). (3)
(D). (4)
(E). (6)
62. Kesalahan penggunaan tanda baca
koma tepat pada kalimat…
(A). (3)
(B). (5)
(C). (7)
(D). (8)
(E). (11)
63. pertanyaan manakah yang
jawabanya tidak ditemukan dalam teks tersebut?
(A). apa keuntungan teknologi
digital bagi generasi sekarang
(B). mengapa generasi sekarang
berbeda dengan generasi sebelumnya?
(C). di manakah generasi sekarang
biasa menggunakan teknologi digital?
(D).bagainama pendapat pakar
mengenai model pembelajaran yang ideal?
(E). apa tujuan jangka panjang
pembelajaran bagi siswa?
64. kata ganti mereka pada kalimat
(5) merujuk kepada……
(A). generasi acu taka cu
(B). generasi ini
(C). generasi
(D). remaja
(E). siswa
65. kelemahan paragraf kedua teks
tersebut adalah….
(A). dan tidak dipaparkan dengan
jelas dan menyeluruh
(B). hal yang harus dilakukan guru
dalam mengajar tidak dikemukakan
(C). pentingnya pembelajaran seumur
hidup tidak dijelaskan
(D). gaya belajar, sequential, sensing, dan visual tidak
terjabarkan
(E). manfaat web dalam pembelajaran tidak di jelaskan
Reks berikut di gunakan untuk
menjawab soal nomor 66-75.
(1)Masalah pencemaran lingkungan merupakan masalah lama yang dihadapi
manusia yang hingga saat ini masih belum terselesaikan, bahkan bertambah parah.
(2) pencemaran lingkungan adalah masuknya unsure-unsur berbahaya ke dalam
lingkungan sehingga kualitas lingkungan menjadiberkurang atau fungsinya tidak
sesuai dengan peruntukannya.(3) tatanan lingkungan yang dulu berubah karena
adanya pencemaran lingkungan.(4) ada dua factor yang menyebabkan terjadinya
pencemaran yang dilakukan oleh manusia, yaitu pertumbuhan penduduk dan
perkembangan teknologi.(5) factor-faktor tersebut menyebabkan kebutuhan
penduduk juga meningkat, contohnya makin banyak penggunaan kendaraan pribadi
sehingga menimbulkan polus udara.
(6) kebuuhan penduduk akan kendaraan juga tidak dapat dipungkiri karena
kendaraan merupakan alat transportasi. (7) meningkatnya kebutuhan penduduk
tersebut tentu akan bertambah pula alat transportasiny baik sebagai kendaraan
pribdi maupun kendaraan umum,sehingga jumlah kendaraan semakin bertambah. (8)
lajupertambahan kendaraan ini terlihat di kota-kota besar di Indonesia, seperti
Jakarta, Surabaya, medan, dan bandung.(9) perkembangan jumlah kendaraan
bermotor menurut jenisnya yang masuk ke Indonesia dapat di lihat pada table
berikut.
Table
perkembangan jumlah kendaraan bermotor tahun 2009-2013
|
Tahun
|
Mobil
penumpang
|
bus
|
truk
|
Sepeda
motor
|
|
2009
|
|
|
|
|
|
2010
|
|
|
|
|
|
2011
|
|
|
|
|
|
2012
|
|
|
|
|
|
2013
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar